Posted on

Sharing is Caring

Apa yang pertama kali Anda pikirkan ketika mendengar tiga huruf ini? TKI.

Ya TKI, mungkin dari sebagian besar dari Anda ada yang menjawab “Duh ngeri sih jadi TKI, takut kenapa-napa sih”, ada juga yang mengatakan seperti ini “Enak ya bisa ke luar negeri”. 

Sebenarnya apa saja yang mereka dapatkan sehingga banyak sekali warga Negara Indonesia yang mempunyai keinginan besar untuk bisa menjadi TKI? Mungkin mereka hanya ingin mencari modal setelah kontrak mereka dengan perusahaan sudah selesai, bisa jadi.

Atau Mungkin ada juga yang berfikiran bahwa dengan menjadi TKI mereka bisa merubah nasib hidupnya? Atau bisa jadi mereka kekurangan lapangan pekerjaan di Negara tercinta kita Indonesia? Ada yang sepakat dan juga ada yang tidak sepakat dengan pernyataan ini.

Tidak bisa dipungkiri fenomena TKI di negeri ini memang sangat menarik untuk disimak. Meskipun banyak sekali TKI yang ditipu, tidak dibayar/tidak diberikan upah bahkan sampai kepada disiksa/dianiaya oleh majikannya. Mereka tertipu oleh pemikiran mereka sendiri, sehingga tidak memikirkan tentang keamanan sendiri.

Mereka butuh perhatian dari Negara asalnya bahkan dengan kita sesama manusia, apapun yang mereka lakukan hanya untuk menyambung hidup mereka. Mereka sudah tidak ada lagi jalan keluar untuk bisa bertahan hidup di Negara ini. Mereka perlu diperhatikan, kita harus peduli dengan mereka karena mereka adalah keluarga kita sendiri di negeri ini.

Lalu, bagaimana caranya untuk bisa peduli dengan mereka? yang pertama adalah mereka harus mengamankan data diri mereka sebelum berangkat ke negri yang mereka inginkan. Dengan menggunakan aplikasi PIE para TKI atau masyarakat dapat mengamankan data diri mereka secara digital dan  tidak dapat dipalsukan atau dibajak oleh orang lain. yang kedua adalah menggunakan aplikasi YONK, aplikasi ini dapat menjamin semua kebutuhan tabungan kuangan mereka dan dapat dikelola sendiri penghasilan mereka secara baik dan rapih sehingga mereka tidak lagi khawatir penghasilannya akan dikeluarkan untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan. Lalu yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi PureHeart, dimana aplikasi ini dapat mendevelop dan juga meningkatkan literasi digital secara merata di masyarakat.

Untuk info lebih lanjut Anda bisa mengunjungi website kami di www.temindo.com atau bisa menghubungi e-mail kami di coorporate@temindo.com

 

Oleh: Albertus Dwi Kurnianto

ID Instagram     : https://www.instagram.com/mas_bebet/

ID Facebook : https://www.facebook.com/albertus.kurnianto